Thursday, January 20, 2011

Saidar untuk memonitor GNU/Linux Ubuntu melalui console/ terminal

Saidar adalah aplikasi untuk menampilkan statistik dari sebuah sistem operasi. Statistik termasuk adalah penggunaan CPU, proses, load, memori, swap, jaringan I / O dan disk I / O dari sistem operasi dari sebuah komputer.

Saidar memanfaatkan pustaka libstatgrab. Libstatgrab adalah pustaka yang menyediakan akses lintas platform untuk membaca statistik dari sistem yang sedang berjalan. Pustaka ini ditulis dalam bahasa C dan menyajikan pilihan interface yang berguna yang dapat digunakan untuk mengakses statistik dari sebuah sistem operasi yang sedang berjalan. Daftar statistik yang saat ini bisa di dukung adalah penggunaan CPU, penggunaan memori, penggunaan media penyimpanan, jumlah proses, lalu lintas jaringan, disk I / O, dan banyak lagi.

Beberapa operating sistem yang disupport adalah Solaris 2.x, Linux 2.2/2.4/2.6, 4.x/5.x FreeBSD, NetBSD 1.6.x, OpenBSD 3.x, Dragonfly BSD 1.0, HP-UX, dan Cygwin.

Proses instalasinya sangat mudah jika anda memakai  GNU/Linux Ubuntu 9.10, tentunya dengan akses internet yang sudah terhubung.

$sudo apt-get install saidar

Dibawah ini adalah hasil capture dari system GNU/Linux Ubuntu 9.10 yang sedang berjalan.


No comments: